Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional 2013 Resmi Dibuka

Tue, 06/18/2013 (All day)

Medan, Sumatera Utara -- Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) 2013 tingkat sekolah dasar (SD), sekolah menengah pertama (SMP), siswa berkebutuhan khusus, sekolah menengah atas (SMA) dan siswa sekolah menengah kejuruan (SMK) baik negeri maupun swasta dari 33 provinsi.  resmi dibuka oleh Wakil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Musliar Kasim  di Medan, Sumatera Utara, Senin malam (17/06/2013) dengan memukul gordang sembilan, alat musik pukul khas Mandailing, Sumut. FLS2N di Medan ini akan berlangsung dari tanggal 17 hingga 21 Juni 2013.

Acara yang digelar di Lapangan Merdeka, jantung kota Medan itu, dihadiri pula oleh Gubernur Sumatera Utara, Gatot Pujo Nugroho dan Wakil Gubernur Sumatera Utara, Tengku Erri Nuradi, yang baru saja dilantik. Hadir pula Plt. Wali Kota Medan Dzulmi Eldin, Kepala Dinas Pendidikan Propinsi Sumut, Mohammad Zein,  Ketua DPRD Provinsi Sumatera Utara Saleh Bangun  dan para pejabat  di lingkungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 

Dalam sambutannya, Musliar Kasim  mengatakan bahwa terpilihnya kota Medan sebagai tempat  pelaksanaan FLS2N  bukan tanpa alasan. Perhatian pemerintah daerah, katanya, begitu besar terhadap pengembangan pendidikan. Tidak banyak pula pemda yang memberikan perhatian pada pengembangan pendidikan dan kebudayaan di daerahnya, ujar Musliar  yang memberikan simpati kepada program-program Gubernur Sumatera Utara. Ia menilai pengajaran seni budaya harus ditingkatkan, karena tidak cukup pengetahuan umum saja untuk mencapai kompetensi di dalam kehidupan.

"Kita berharap apa yang sudah ditunjukkan Gubernur Sumatera Utara yang baru  dilantik sebagai gubernur terpilih  akan membawa pendidikan pada tingkat kemajuan yang cukup baik. Untuk meningkatkan mutu pendidikan melalui budaya belajar, berkarya, dan mengembangkan potensi diri, serta sikap kompetitif," ujar Musliar.

Musliar  menilai pelaksanaan FLS2N sesuai dengan tema ”Karya Prestasi Siswa Untuk Kemilau Budaya Nusantara”, yaitu  untuk meningkatkan mutu pendidikan melalui budaya belajar, membangun sikap  yang baik, kompetitif, bertanggung jawab  dan mengembangkan potensi diri. "Dengan adanya FLS2N, anak yang terbiasa mengikuti festival lomba akan termotivasi untuk belajar mandiri dan  meraih hasil yang terbaik dengan diri sendiri," ujarnya.

Sementara Gubernur Sumatera Utara, Gatot Pujo Nugroho mengatakan, FLS2N bertujuan meningkatkan sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas. SDM yang berkualitas, tambahnya, tidak hanya untuk kepentingan diri sendiri atau keluarga, juga untuk kepentingan bangsa dan negara. “SDM yang berkualitas sangat penting untuk melaksanakan pembangunan yang terus menerus diadakan. Pembangunan tidak akan berhenti. Dia akan terus berjalan,” katanya. Ia juga menambahkan, pendidikan adalah sebagai tulang punggung atau ujung tombak dalam membangun bangsa dan negara, ucapnya. (JS/MS)