Bantuan Khusus untuk Sekolah dengan Kelulusan Nol Persen

Jumat, 25/05/2012

Jakarta --- Dari hasil pemetaan nilai UN, diketahui bahwa ada empat sekolah yang memiliki kelulusan nol persen. Total siswa tidak lulus dari keempat sekolah tersebut adalah 41 orang. “Sekolah-sekolah tersebut dua berada di Sumatera Utara, satu di Maluku Utara, dan satu di Sulawesi Tenggara,” ujar Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhammad Nuh para wartawan di Gedung Kemdikbud, Kamis (24/05). Untuk keempat sekolah tersebut, akan disiapkan intervensi khusus untuk membantunya.

Intervensi khusus telah terbukti membantu sekolah yang tahun lalu tidak lulus seratus persen membenahi kualitasnya, dan lulus seratus persen pada tahun ini. “Intervensinya sesuai dengan permasalahan yang mereka hadapi,” tuturnya.

Salah satu langkah yang disiapkan untuk sekolah Dorema di Sumatera Utara, misalnya, setelah dianalisis, diketahui bahwa nilai rata-rata UN murni terutama matematika dan Bahasa Inggris kecil. Guru yang mengajar pun tidak sesuai latar belakangan pendidikan dan mata pelajaran yang diajarkan. Guru-guru tersebut juga belum memperoleh sertifikasi.

Kemdikbud menyiapkan setidaknya empat langkah intervensi. Pertama, meningkatkan kompetensi dan sertifikasi bagi seluruh guru mata pelajaran melalui program pelatihan. Kedua, penugasan guru sesuai latar belakang, ketiga, meningkatkan sarana dan prasarana seperti laboratorium dan perpustakaan. Dan yang terakhir, dikarenakan sekolah tersebut jumlah siswanya sedikit, maka akan digabung dengan sekolah lain. (AR)

Berita dan Opini Terkait Kurikulum 2013