Sosialisasi Kurikulum 2013 di Tangerang Selatan

Senin, 14/01/2013

Tangerang Selatan --- Di awal tahun 2013, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan masih melanjutkan sosialisasi kurikulum 2013. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Mohammad Nuh secara langsung menyosialisasikan kurikulum 2013 di Tangerang Selatan, Banten, Sabtu (12/1).

Acara ini dihadiri oleh Sekretaris Jenderal Kementerian Agama Bahrul Hayat, Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Banten  Mathodah, Ketua Dewan Pendidikan Tangerang Selatan (Tangsel) Supriano, Direktur Jenderal Pendidikan Dasar Kemdikbud Suyanto,  serta kepala sekolah dan guru se-Tangsel.

Mendikbud mengatakan,  guru-guru semua sudah siap. Dalam tiga atau empat bulan ke depan persiapan itu bisa dilakukan pelatihan-pelatihan  guru. “Kita berharap  untuk  Juli 2013 sudah bisa mulai untuk kelas 1 dan 4 SD, kelas 1 SMP/MTs dan kelas 1 SMA/SMK/MA,”  Jelas mantan Rektor ITS tersebut.

Selain untuk sosialisasi rencana  kurikulum 2013, kunjungan Mendikbud ke Tangsel adalah untuk melakukan inspeksi terhadap bantuan-bantuan yang selama ini disalurkan ke Tangsel. Antara lain ke Yayasan Pendidikan Islam Ruhama dan Universitas Islam Muhammadiyah. “Ternyata bantuan untuk Yayasan Pendidikan Islam Ruhama dan  Muhammadiyah ini  nampaknya sudah ada bukti pengembangan,” katanya.

Untuk itu, Menteri Nuh menyampaikan terima kasih kepada pemerintah daerah dan pemerintah kota Tangsel, yang tidak hanya membantu sekolah negeri tetapi juga kepada sekolah swasta. “Atas nama Kemdikbud kami mengucapkan banyak terima kasih atas segala upaya yang telah dilakukan oleh pemda Tangsel untuk meningkatkan akses dan mutu dari dunia pendidikan,” ucapnya. Ucapan terima kasih juga disampaikan Mendikbud kepada Walikota Tangsel Airin yang punya dedikasi tinggi untuk meningkatan kualitas pendidikan di Tangsel.

Mengenai anggaran buku, Menteri Nuh mengatakan tidak ada persoalan. Karena rancangan yang telah dibahas di Komisi X DPR RI, sudah mendapat persetujuan.  “Kita tinggal menunjukkan bukti, ini loh yang akan digandakan,” katanya.

Bersamaan dengan sosialisasi kurikulum 2013, dewan pendidikan Kota Tangerang Selatan bekerja sama dengan Dinas Pendidikan Kota Tangerang Selatan  mengadakan seminar nasional yang bertema “Strategi Pemerintah Dalam Rangka Peningkatan Mutu Pendidikan Nasional”. Acara diadakan di Universitas Terbuka Convention Center (UTCC), Jl Pondok Cabe Raya Tangerang Selatan, Banten. Walikota Tangerang Selatan Airin Rachmi Diany, membuka secara resmi acara tersebut yang ditandai dengan pemukulan gong. (EH)

Berita dan Opini Terkait Kurikulum 2013